KPU Inhu Rekrut 25 Relawan Pemilu

Rengat, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, merekrut sebanyak 25 orang relawan demokrasi untuk mensosialisasikan setiap tahapan Pemilu Legislatif mendatang.
         
"Perekrutan Relawan Demokrasi atau relasi ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu legislatif bulan April 2014," kata Sekretaris KPU Inhu Watno, di Rengat, Sabtu.
         
Ia mengatakan, Perekrutan relasi selama ini telah melalui sejumlah tahapan, awalnya diumumkan kepada masyarakat, masyarakat boleh mengikuti tahapan selekasi sebagai bentuk keterbukaan. Kemudian setelah melalui proses penjaringan dan penseleksian maka ditetapkan sebanyak 25 orang relawan,
    
Hasil tahapan yang dilalui ditetapkan sebanyak 25 orang menjadi relasi tersebut yang dapat bekerja secara optimal setelah diberikan pembekalan untuk mensukseskan program pemerintah pemilu legislatif mendatang. Para relawan itu dibagi dalam lima kelompok kerja, diantaranya dibagi menjadi pemilih pemula, kelompok pemilih perempuan, kelompok pemilih marginal, kelompok pemilih disabilitas (cacat) dan kelompok pemilih agama.
         
"Relasi ini merupakan mitra KPU dalam mensosialisasikan program pemilu," tegasnya.
         
Dengan terbentuknya lima kelompok dalam rangka membantu KPU ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu legislatif sehingga bukan saja masyarakat akan berperan aktip mensukseskan pemilu legislatip tetapi juga memahami dalam menggunakan hak suaranya dengan baik.
         
Karena, secara nasional partisipasi pemilih itu setiap dekadenya terus menurun. Seperti partisipasi pemilih secara nasional pada tahun 1999 mencapai 92 persen, kemudian pada tahun 2004 partisipasi pemilih menurun menjadi 84 persen. Partisipasi pemilih itu kembali turun pada Pemilu tahun 2009 lalu yang hanya mencapai 71 persen.
         
"Kabupaten Indragiri Hulu partisipasi pemilih pada Pemilu tahun 2004 lalu mencapai 66 persen, kemudian pada Pemilu tahun 2009 menurun menjadi 60 persen. Mudah-mudahan dengan direkrutnya relasi ini akan dapat meningkatkan partisipasi pemilih," harapnya.