KPU Sortir Surat Suara Pilgub Riau

cagubri

Pekanbaru, (antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyatakan sedang melakukan penyortiran surat suara untuk pemilihan gubernur setempat putaran kedua yang rencananya pada 27 November 2013.
         
"Di KPU kabupaten/kota sekarang sedang menyortir dan pelipatan surat suara serta melengkapi kebutuhan logistik. Itu semua sedang berjalan sesuai dengan tahapan yang kami tentukan," ujar Ketua KPU Riau Edi Sably di Pekanbaru, Rabu.
         
Hal tersebut diungkapkan saat melakukan sosialisasi Pilgub Riau putaran kedua pada 27 November 2013 yang dihadiri berbagai elemen masyarakat, peguyuban suku, mahasiswa, dan kalangan media massa di Riau.
         
Menjelang pelaksanaan Pilgub Riau yang tinggal 14 hari lagi, katanya, tidak ada kendala yang berarti ditemukan di lapangan yang dapat menganggu pemilihan kepala daerah di provinsi itu.
         
Ia menjelaskan penyortiran dilakukan secermat dan sedetil mungkin untuk menghindari kerusakan surat suara pada hari pelaksanaan pemungutan suara.
         
Bentuk kerusakan surat suara itu, katanya, bermacam-macam seperti kertas suara terpotong, gambar kepala hilang, dan gambar kabur.
         
"Untuk itu, kami meminta kepada masing-masing pihak, agar jangan mempolitisasi kerusakan surat suara. Karena tujuan penyortiran ingin mencari, menemukan, memilah, dan memilih surat suara yang bagus," katanya.      
    
Berdasarkan Surat Keputusan KPU Riau Nomor 137/Kpts/KPU-Prov-004/X/2013 tentang Jadwal dan Tahapan Putaran Kedua, pencetakan, pengadaan, dan pendistribusian logistik dilakukan pada 10-26 November.
         
Jumlah warga yang masuk daftar pemilih tetap Pilgub Riau putaran kedua, masih tetap seperti putaran pertama lalu, yakni sebanyak 4.000.459 orang, sehingga surat suara yang disiapkan dengan penambahan 2,5 persen atau sekitar 100.011 lembar, dengan jumlah tempat pemungutan suara 11.669 unit.
         
"KPU Riau optimistis, mudah-mudahan satu hari sebelum pencobolosan, semua logistik sudah siap untuk dilaksanakan pencoblosan pada 27 November. Jadi tidak ada kendala sampai hari ini," katanya,
    
KPU Kota Pekanbaru sejak Selasa (12/11) telah memulai pelipatan dan penyortiran surat suara untuk pemungutan suara Pilgub Riau putaran kedua.
         
"Jumlah surat suara yang diterima sebanyak 602.166, akan dipilah surat suara yang bagus dan rusak. Selanjutnya akan dilaporkan ke KPU Provinsi Riau agar surat suara yang rusak diganti," ujar Anggota KPU Kota Pekanbaru, Abdul Wahid.

related post