Balap Sepeda - Tour De Siak Sediakan Hadiah RP398 Juta

          Pekanbaru, 5/9 (Antara) - Pihak pelaksana lomba balap sepeda Tour de Siak 2013 menyediakan hadiah uang total Rp389 juta bagi para pemenang.

         "Telah tersedia uang tunai Rp389 juta untuk pemenang, dan ini merupakan sumbangan dari Pemerintah Kabupaten Siak, Riau, " kata Wakil Ketua Panitia Pelaksana Tour de Siak Yan Prana Jaya yang dihubungi dari Pekanbaru, Kamis.

         Dia mengatakan panitia telah bekerja maksimal untuk menyukseskan acara tersebut termasuk menyangkut perbaikan rute serta mengurus berbagai keperluan pebalap.

         Sedangan Tour de Siak digelar 11-16 September 2013 melintasi sembilan kecamatan dan menempuh jarak sepanjang 451,8 km mulai dari kawasan Sungai Apit hingga ke Perawang.

         Menurut dia, lomba balap sepeda ini merupakan yang pertama kali di Riau, maka peran serta warga dan pihak swasta sangat diperlukan, karena juga merupakan kalender pariwisata.

         Lomba ini telah mendapatkan persetujuan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu untuk dijadikan kalender wisata nasional.

         Yan menambahkan bahwa kepada para pebalap dan offisial nantinya disuguhkan kuliner khas Siak yang sengaja dibuat oleh para ibu-ibu PKK Kabupaten Siak.

         Pelaksanaan Tour de Siak telah mendapatkan persetujuan dari Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) dan mereka telah meninjau rute yang dilalui pebalap.

         Rute dalam lomba balap sepeda ini melewati tiga jembatan yaitu Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah, Tengku Agung Sulatransalatifah, dan jembatan Sultan Syarif Hasyim.

         Sedangkan rute lainnya untuk nomor "team time trial (TTT)" dalam kota sekitar 90 km, serta nomor jalan raya menuju arah Kecamatan Dayun, Kecamatan Koto Gasip, dan sebaliknya sepanjang 20 km.

         Rute yang akan dilalui para pebalap merupakan bekas lintasan yang digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Riau.