KPU Sediakan Taman Kampanye Pilkada Gubernur Riau

Legislatif

Pekanbaru, (antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau membuat taman kampanye yang dibuka selama enam hari pada masa kampanye Pilkada Gubernur Riau 2013, untuk meningkatkan partisipasi pemilih yang diharapkan bisa menekan angka "golput" atau tidak memilih pada pesta demokrasi daerah.

    "Pameran pada taman kampanye diharapkan agar pemilih bisa lebih dekat dengan pasangan calon gubernur selama masa kampanye," kata Ketua KPU Provinsi Riau Edi Sably di Pekanbaru, Minggu.

    Menurut dia, taman kampanye tersebut berlokasi di seluruh kantor KPU di 12 kabupaten/kota di Riau. Taman kampanye dibuka selama enam hari hingga tanggal 23 Agustus.

    Ia mengatakan, pembukaan taman kampanye itu adalah salah satu cara KPU untuk meningkatkan angka partisipasi pada Pilkada Gubernur. Sebabnya, ia mengatakan pada Pilkada 2008, angka partisipasi pemilih hanya sekitar 59 persen.

    "Artinya, pada Pilkada 2008, dari 10 pemilih hanya enam yang menggunakan hak politiknya. Jadi kita berharap agar helat tahun 2013 ini tingkat partisipasi yang memilih bisa meningkat," ujarnya.

    Ia memaparkan, KPU Riau juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran menggunakan hak pilih dalam Pilkada Riau. Sosialisasi kepada masyarakat diantaranya dengan penerbiatan buletin bulanan "Riau Memilih", membentuk Forum Santai Perlu (Silaturahmi Antar Partai Peserta Pemilu), dan mengirimkan pesan singkat (SMS) secara acak ke telepon seluler warga.

    "Kita krim SMS secara acak berisi pesan untuk mengingatkan warga harus memastikan terdaftar dan jangan lupa untuk memilih," kata Edi Sably.

   Total pemilih pada Pilkada Riau berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada sebanyak 4.000.459 pemilih, dengan jumlah TPS 11.669. Berdasarkan catatan Antara dari Pemilihan Gubernur 2008, saat itu jumlah pemilih dalam DPT mencapai 3.205.849 orang.

    Dengan begitu, telah terjadi pertambahan jumlah pemilih pada Pilkada Riau 2013 mencapai 794.610 orang.

related post

Stylish responsive footer | Script Tutorials
  • Tentang Kami

    Kantor Berita LKBN ANTARA RIAU. Jl. Sumatera no. 4 Pekanbaru-Riau Telp: 0761-25647 Website: www.antarariau.com WebMobile : m.antarariau.com
  • Kategori

    Riau , Nusantara, Internasional, Ekonomi dan Bisnis, Olahraga, Kesra, Hukrim, Lifestyle, Foto, Lingkungan, Unik, Humor, Otomotif
  • Link Portal

    Antara Aceh, Antara Sumut, Antara Sumbar, Antara Riau, Antara Jambi, Antara Bengkulu, Antara Sumsel, Antara Lampung.