Cetak Kertas Suara Pilkada Riau Habiskan Rp1,7 M

Legislatif

Pekanbaru, (antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provisi Riau menganggarkan biaya cetak surat suara untuk Pilkada pemilihan Gubernur Riau 2013 sebesar Rp1,7 miliar.

        "Itu hanya untuk cetak satu putaran pemungutan suara," kata Ketua KPU Riau Tengku Edi Sably kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu.

        Ia mengatakan, jumlah surat suara yang dicetak sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap yakni, 4.000.459 ditambah 2,5 persen.

        "Itu sudah aturan baku sesuai Undang-Undang," katanya.

        Ia mengatakan, pelaksanaan pencetakan surat suara Pilkada Riau dilakukan oleh PT Karya Kita selaku pemenang tender. Perusahaan itu berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

        "Lokasi pencetakan di Bandung, karena lokasi perusahaan pemenang tender disana," katanya.

        Ia mengatakan, sesuai jadwal pencetakan surat suara memakan waktu selama tiga hari. Kertas suara itu akan digunakan pada hari pemungutan suara pada 4 September 2013.

        Ia mengatakan, surat suara dicetak hanya berisi lima pasangan politik yang sudah ditetapkan KPU Riau. Berdasarkan nomor urut pertama hingga terakhir, kandidatnya antara lain pasangan Herman Abdullah-Agus Widayat (I), Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rahman (II), M Lukman Edy-Suryadi Khusaini (III), Achmad-Masrul Kasmy (IV), dan Jon Erizal-Mambang Mit (V).  
   KPU Riau menetapkan DPT untuk Pilkada Riau 2013 dengan jumlah pemilih mencapai 4.000.459 orang. Berdasarkan catatan Antara dari Pemilihan Gubernur 2008, saat itu jumlah pemilih dalam DPT mencapai 3.205.849 orang.

        Dengan begitu, telah terjadi pertambahan jumlah pemilih pada Pilkada Riau 2013 mencapai 794.610 orang.

        Jumlah pemilih terbanyak berada di Kota Pekanbaru mencapai 587.479 orang. Jumlah pemilih bertambah 63.846 orang, dibandingkan dengan DPT untuk Pemilihan Wali Kota Pekanbaru pada 2011 yang mencapai 536.113 orang.

        Komposisi pemilih di Pekanbaru terdiri dari 295.441 laki-laki dan 292.068 perempuan. Sedangkan, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) mencapai 1.768.

related post

Stylish responsive footer | Script Tutorials
  • Tentang Kami

    Kantor Berita LKBN ANTARA RIAU. Jl. Sumatera no. 4 Pekanbaru-Riau Telp: 0761-25647 Website: www.antarariau.com WebMobile : m.antarariau.com
  • Kategori

    Riau , Nusantara, Internasional, Ekonomi dan Bisnis, Olahraga, Kesra, Hukrim, Lifestyle, Foto, Lingkungan, Unik, Humor, Otomotif
  • Link Portal

    Antara Aceh, Antara Sumut, Antara Sumbar, Antara Riau, Antara Jambi, Antara Bengkulu, Antara Sumsel, Antara Lampung.