Program Sapi K2I Di Inhu Berhasil

Ekbis

Rengat,  (Antarariau.com) - Program Pengentasan Kemiskinan, Kebodohan dan Infrastruktur atau K2I yang dilaksanakan di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau berhasil dalam meningkatkan populasi ternak di kalangan petani.

"Dari jumlah 50 ekor sapi K2I yang diberikan kepada kelompok tani di desa tersebut, tinggal 30 ekor yang belum digulirkan karena masih tahap pengembangbiakan," kata kabid Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hulu Jebol Suharto di Rengat, Senin.

Kondisi itu tentunya membuat jajaran Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau berbangga hati atas program K2I yang dilaksanakan di Desa Titian Resak itu.

           Pada tahun 2010 pihak Disnak Inhu menyalurkan 50 ekor sapi pada program K2I kepada kelompok tani Aur Kuning, Desa Titian Resak, Kecamatan Seberida.

           Dari jumlah sapi tersebut pada 2013 telah dua kali dikembalikan oleh petani peternak dan dialihkan kepada kelompok atau petani lainnya didesa yang sama secara bergiliran.

         Pada pengalihan pertama sejumlah 11 ekor sapi dan pada tahap kedua ada Sembilan ekor sapi yang dialihkan kepetani ternak lainnya. Ini berarti kelompok peternak pertama berhasil mengembangkan ternaknya sehingga mereka mengalihkan sapi tersebut kekelompok lainnya untuk dipelihara dengan sistim yang sama yaitu secara bergulir.

         "Kami dari Pemkab Inhu merasa bangga atas keberhasilan tersebut, artinya program ini tepat sasaran untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat daerah, sehingga diharapkan keberhasilan itu juga disusul oleh kelompok lainnya di Inhu," sebutnya.

         Menurut Jebol, pemerintah daerah selalu berupaya dan memprogram kegiatan bantuan sapi untuk petani selain untuk membantu usaha masyarakat menuju Kabupaten Indragiri Hulu swasembada daging. Dengan demikian sebut Jebol, program ini mesti dilaksanakan setiap tahun sehingga visi Dinas Peternakan akan terealisasi.

         Selain itu baru baru ini pihak Disnak Inhu juga melaksanakan kegiatan bimbingan teknis terkait peningkatan Sumber Daya Manusia khususnya petani ternak, sehingga akan memberikan wawasan dalam pengelolaan peternakan secara benar.

Erwan ( 43) salah satu warga  Seberida mengatakan, pada dasarnya program sapi K2I Indragiri Hulu perlu didukung sepenuhnya oleh semua elemen baik itu warga, LSM, DPRD dan instansi lainnya sehingga program ini benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran.

"Dengan keberhasilan itu memberikan bukti bahwa program sapi K2I ini perlu terus digalakkan," pintanya.

related post