Makin Banyak Aparat Jadi Pecandu Narkoba

Hukrim

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pengguna narkoba kini makin menggurita dan menyebar tidak hanya sebatas ke generasi muda tapi sudah merambah aparat TNI/Polri, sebagaimana disampaikan Direktur Direktorat Narkoba Polda Riau, Kombes (Pol) Daniel Tahi Monang Silitonga.

Ia menegaskan dari 1.000 pecandu narkoba yang terdata di Riau, lima persen diantaranya adalah kalangan oknum anggota TNI/Polri.

Fenomena itu tentunya membuat miris, karena aparat penegak hukum dan pembela negara juga ikut terjerumus sebagai pengguna barang laknat itu.

Saat ini peredaran narkoba di berbagai wilayah kabupaten dan kota di Riau telah begitu menggurita dan masuk ke berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja swasta, pegawai negeri, hingga oknum TNI dan Polri.

          Bahkan menurut data hasil monitoring anggota di lapangan, kata dia, jumlah pengedar dan pencandu narkoba di Provinsi Riau terus bertambah, dan yang ditangkap hanya merupakan sebagian kecilnya saja.

           Menurut dia, masih banyak pengedar dan pencandu narkoba yang masih bebas dan terus mengonsumsi barang haram itu.

Kata dia, setiap hari aparat kepolisian memiliki nama-nama pihak yang terlibat narkoba, mulai dari pemakai hingga pengedar kecil-kecilan.

"Begitu banyaknya, kami menjadi bingung untuk melakukan penindakan terhadap pihak yang mana," katanya.

Ia mengatakan, begitu parahnya peredaran narkoba di Riau, hingga membuat rata-rata rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan yang ada menjadi kelebihan kapasitas.

Menurut dia, ada sekitar 35 hingga 65 persen warga binaan yang ada di berbagai lapas di Riau adalah para pemakai dan pengedar narkoba.

"Kondisi ini sudah sangat memprihatinkan dan dibutuhkan keterlibatan dan keseriusan berbagai pihak untuk mengatasinya," kata Kombes Pol Daniel.

related post