Lima Cagub Riau Diminta Siap Terima Kakalahan

Legislatif

Pekanbaru, (antarariau.com) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengingatkan lima calon gubernur agar bersaing sehat dan siap kalah dalam Pilkada Provinsi Riau.

        "Semuanya harus berserah diri untuk menerima hasilnya karena pasangan ada lima, sedangkan yang menang nanti hanya satu," kata Husni pada Rapat Pleno KPU Riau di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, di Pekabaru, Senin.

        Dalam rapat itu, KPU menetapkan nomor urut lima pasangan cagub. Lima pasangan politik tersebut secara berurutan adalah Herman Abdullah-Agus Widayat nomor urut 1, Anas Maamun-Arsyadjuliandi Rahman (2), Lukman Edi-Suryadi Khusaini (3), Achmad-Masrul Kasmy (4), dan Jon Erizal-Mambang Mit (5).

        Ia mengatakan, sejak pemerintah menggelar pemilu langsung kepala daerah, jumlah konflik di daerah cenderung meningkat baik  kekerasan maupun  masalah hukum yang dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK).

        "Sekarang kita sedang mengevaluasi, apa konflik karena cara memilih langsung atau konflik muncul setelah hasil pemenangnya ditetapkan," katanya.

        "Kalau kita sepakat bukan caranya yang salah, mari kita jaga dengan menghormati perbedaan," katanya.

        Ia mengimbau setiap cagub bekerja keras selama kampanye untuk mendapat simpati publik dan menghindari adu jumlah massa untuk saling mencemooh pasangan cagub lainnya.

        Dalam acara itu, kelima pasangan cagub juga diminta untuk mengikuti deklarasi damai. Pembacaan deklarasi damai dilakukan oleh pasangan nomor urut 1 yang diikuti oleh semua pasangan. Kemudian setiap cagub diminta untuk menandatangani deklarasi damai tersebut.

        Husni menambahkan tokoh adat dalam LAM Riau diharapkan menjadi penengah untuk menyosialisasikan bagaimana pemilu adil bisa berlangsung.  
   "Kalau perlu ada maklumat dari LAM agar warga Riau tidak terprovokasi jika ada pihak yang mencoba memanas-manasi agar kondisi menjadi buruk," katanya.

related post