KPU Tetapkan Nomor Urut Cagub Riau

Legislatif

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menggelar rapat pleno untuk menetapkan nomor urut bagi lima pasangan calon gubernur yang akan bersaing pada Pilkada Riau di Pekanbaru, Senin.

 

Pencabutan nonor urut dilaksanakan dengan acara yang cukup meriah dan nuansa tradisional di Gedung Lembaga Adat Melayu Riau di Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

 

Masing-masing pasangan politik mengenakan pakaian adat Teluk Belanga.

 

Lima pasangan politik tersebut secara berurutan antara lain: Herman Abdullah-Agus Widayat nomor urut 1, Anas Maamun-Arsyadjuliandi Rahman (2), Lukman Edi-Suryadi Khusaini (3), Achmad-Masrul Kasmy (4), dan Jon Erizal-Mambang Mit (5).

 

KPU terlihat sangat hati-hati dalam penetapan nomor urut itu. Proses penetapan berlangsung cukup lama karena setiap cagub diminta mengambil nomor antre untuk menentulan nomor pencabutan undian.

 

"Setelah selesai pencabutan nomor undian, tiap pasangan hatus menandatangani surat pernyataan bahwa menerima hasilnya," kata Ketua Pokja Pencalonan pada KPU Riau Asmuni Hasmy.

 

Pemungutan suara Pilkada Riau dijadwalkan pada bulan September.

 

Acara penetapan nomor urut itu juga diisi dengan penandatanganan deklarasi damai oleh tiap pasangan cagub. Setelah itu, mereka juga mengikuti upacara adat "tepuk tepung tawar" dan mendengarkan petuah dari tokoh adat dari Lembaga Adat Melayu.

related post