Inhu Miliki Cagar Budaya Unik

Publik

Rengat, (Antarariau.com) - Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, memiliki cagar budaya yang unik seperti Narasinga di Desa Kota Lama, Rengat Barat, namun keberadaannya belum mampu menarik wisatawan.

"Cagar budaya itu menggambarkan sejarah panjang tentang kerajaan Indragiri yang tersohor hingga keluar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Sayangnya belum banyak didatangi wisatawan," kata pemerhati budaya yang juga guru SMK I Rengat Barat Fitriyeni di Rengat, Sabtu.

             Keberadaan cagar budaya itu perlu dipelihara dengan baik agar tidak hilang ditelan masa, akibat semakin berkembangnya sejumlah objek wisata buatan yang bernilai modern.

             Ia minta agar pemerintah kabupaten memberikan perhatian khusus terkait pemeliharaan sejumlah cagar budaya dan situs yang ada di daerah itu.

             "Pemerintah kabupaten perlu mempromosikan keberadaan objek wisata budaya ini agar dikenal secara luas dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung," ujarnya.

            Di Riau tidak banyak kabupaten yang memiliki cagar budaya sehingga adanya cagar budaya Narasinga harusnya mampu menjadi unggulan Kabupaten Indragiri Hulu terutama dalam menggaet wisatawan minat khusus.

             "Dinas Pariwisata harus lebih berperan dalam mengenalkan keberadaan cagar budaya ini, sementara balai pelestarian cagar budaya lebih kepada pemeliharaannya sehingga kondisinya tetap terpelihara," ujarnya.

             "Kerajaan Indragiri ada sejak berabad-abad lalu, sampai saat ini kisahnya tercatat dan terpelihara dengan baik. Ini tentunya merupakan nilai tambah dalam menarik wisatawan," tegasnya.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu mengatakan, pada 2013 ini pihaknya telah mengalokasikan sejumlah dana APBD Provinsi Riau untuk pengembangan dan pemeliharaan situs cagar budaya tersebut sehingga kedepan diharapkan bisa menarik wisatawan berkunjung. (Asripilyadi)

related post

Stylish responsive footer | Script Tutorials
  • Tentang Kami

    Kantor Berita LKBN ANTARA RIAU. Jl. Sumatera no. 4 Pekanbaru-Riau Telp: 0761-25647 Website: www.antarariau.com WebMobile : m.antarariau.com
  • Kategori

    Riau , Nusantara, Internasional, Ekonomi dan Bisnis, Olahraga, Kesra, Hukrim, Lifestyle, Foto, Lingkungan, Unik, Humor, Otomotif
  • Link Portal

    Antara Aceh, Antara Sumut, Antara Sumbar, Antara Riau, Antara Jambi, Antara Bengkulu, Antara Sumsel, Antara Lampung.