WWF Diminta Kontribusi Antisipasi Kebakaran TNTN

Pekanbaru, (antarariau.com) - Anggota Komisi A DPRD Riau Tony Hidayat meminta organisasi WWF untuk ikut berkontribusi dalam mencegah dan mengantisipasi kebakaran area konservasi Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN).

    "Sebagai LSM yang mengaku perduli dengan lingkungan, seharusnya WWF menjaga Tesso Nilo secara keseluruhan dan jangan hanya riset tentang satwanya saja," kata Tony kepada Antara di Pekanbaru, Minggu.

    Organiasi WWF (World Wide Fund for Nature) dalam beberapa waktu belakangan memang menjadi sorotan sejumlah pihak mengenai kontribusinya terhadap kelestarin TNTN, maupun bagi masyarakat disekitar kawasan konservasi itu.

    "WWF sudah seharusnya lebih perduli juga dengan upaya pencegahan dan antisipasi kebakaran, seperti membantu peralatan bagi masyarakat sekitar. Kalau cuma riset saja dan membiarkan hutan terbakar, sama saja tidak akan ada lagi habitat untuk gajah," kata Tony.

    Politisi Partai Demokrat itu mengatakan WWF harus menunjukan itikad baik bahwa kehadiran mereka di TNTN akan memberikan solusi, bukan menambah masalah bagi pemerintah dan masyarakat.

    Sebelumnya, Kepala Balai TNTN Kupin Simbolon mengatakan sejumlah area di kawasan konservasi itu mulai terbakar yang diduga akibat ulah para perambah. Namun, sejauh ini pihaknya baru bisa melakukan pemantauan ke lapangan dan belum bisa berbuat banyak untuk melakukan pemadaman karena kekurangan fasilitas dan tenaga terlatih.

    Bahkan, Kupin mengakui bahwa Balai TNTN masih sangat bergantung pada perusahaan industri kehutanan yang ada di sekitar kawasan itu untuk pemadaman dan pemantauan kebakarna hutan.

    "Terkadang saya malu juga terus-terusan meminta tolong kepada perusahaan," keluh Kupin.