Warga Inhu Manfaatkan Tepi Sungai Untuk Wisata

Rengat, (Antarariau.com) - Warga Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau memanfaatkan taman di tepi sungai Indragiri sebagai tempat untuk bersantai terutama di hari libur, karena lokasinya nyaman, teduh dan mudah dijangkau akses transportasi.

"Saya suka ke lokasi ini pada hari libur bersama keluarga. Lokasinya enak, aman dan yang terpenting kita bisa menikmati suara gemericik air hingga membuat pikiran tenang," kata Veni salah satu warga di Rengat, Minggu.

Ia mengatakan sejumlah objek wisata di Indragiri Hulu belum tertata dengan baik, masih banyak lokasi yang indah tetapi jauh dari pusat kota, bahkan tempatnya kurang bersih.

Sementara di tempat ini lokasinya dekat dengan kota, mudah dijangkau, pemandangannya cukup asri bahkan menarik untuk dilihat.

Bila tempat ini disediakan sarana bermain anak-anak, tepi sungai diberi turap yang permanen, kedepannya akan menyamai lokasi Danau Raja dan menambah objek wisata lokal.

Selain itu tempat ini sangat mengesankan, tepat dipinggir jalan, berada di tengah kota, hanya saja tempat parkir honda atau mobil belum tertata dengan baik membuat sejumlah pengunjung kecewa.

Hal serupa juga dikatakan oleh Ani (20) salah satu warga Pematang Reba saat berada di lokasi ini bersama sejumlah teman-temanya.  

Ia menyatakan, masyarakat Indragiri Hulu sangat butuh lokasi bersantai yang sehat, bersih, aman dan memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti tempat duduk yang dapat juga dijadikan tempat mengkases internet.

Bila dilakukan penataan dengan baik oleh pemerintah ia berkeyakinan objek santai keluarga ini bisa jadi taya tarik wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Indragiri Hulu Selamet mengatakan, di tahun 2013 pihaknya akan mengelola semua objek wisata daerah dengan optimal, baik itu objek wisata Ranau Raja, Rumah Tinggi, TNBT termasuk objek wisata lokal yang sering dikunjungi warga. (Asripilyadi)