Bupati Kampar Wujudkan Masjid Raya Tiap Kecamatan

Kampar

Tapung Hulu, (antarariau.com) - Bupati Kampar H Jefry Noer yang berkeinginan agar setiap kecamatan di wilayahnya memiliki masjid raya kini mulai tercapai sebagian dengan telah dibangun dan diresmikannya penggunaan masjid tersebut.

"Alhamdulillah sejak menjadi bupati mulai periode terdahulu niat mendirikan masjid raya di tiap mulai kesampaian walaupun belum semua kecamatan, namun setidaknya sudah setengahnya," kata Jefry Noer ketika memberi arahan pada acara peresmian Masjid Raya Kecamatan Tapung Hulu dan acara safary dakwah pembangunan di masjid Raya yang baru diresmikan.

Hadir pada acara tersebut Wakil Ketua DPRD Kampar Hj. Eva Yuliana, seluruh Pimpinan SKPD, Kapolsek Tapung Hulu, Pimpinan Bank Bukopin Pekanbaru Bambang, Kamenag Kampar H Fairuz MA, pemangku kebijakan, pimpinan perusahaan se Kecamatan Tapung Hulu, tokoh masyarakat serta kepala desa se Kecamatan Tapung Hulu beserta masyarakat Desa Suka Ramai Kecamatan Tapung Hulu.

Untuk kedepan Jefry Noer menegaskan agar pembangunan Masjid Raya Kecamatan tidak boleh di proyekkan/ditenderkan, cukup dengan dana hibah saja dan dengan pengawasan dari Dinas bersangkutan.

"Kalau diproyekkan dana akan banyak terpakai untuk keperluan administrasi, lelang, pajak dan lainnya sehingga nilai riil yang terpakai untuk  pembangunan masjid jadi minim. Bila dihibahkan dana akan lebih banyak yang dimanfaatkan untuk fisik masjid," ujarnya.

Jefry mempertanyakan urgensinya membangun masjid raya di tiap Kecamatan karena berbagai kegiatan bisa dilaksanakan di masjid raya tersebut seperti di zaman Rasulullah dan para sahabat nabi terdahulu.

Semua persoalan dapat dipecahkan dan dicari salusi jalan keluar dengan muzakaroh/ diskusi dan bermusyawarah antar pemimpin di masjid, masjid bukan saja tempat untuk ibadah tetapi dapat dijadikan untuk kegiatan lain dimana manfaat yang didapat akan lebih banyak karena lebih banyak hidayah Allah  menyertai ketimbang dilaksanakan diluar masjid.

Sementara Camat Tapung Hulu Edi Afrizal mengatakan mudah-mudahan dengan diresmikannya Masjid Raya Tapung Hulu dapat dijadikan sebagai sarana peningkatan ibadah khususnya masyarakat Kecamatan Tapung Hulu dan dapat berkembang untuk kegiatan keagamaan lainnya.

Persoalan lain disampaikan Edi Afrizal berkenaan dengan program pelatihan pertanian terpadu P4S bagi warga miskin di Kecamatan Tapung Hulu, dari 102 orang yang ditarget untuk ikut pelatihan P4S terealisasi sebanyak 145 orang sudah mengikuti pelatihan P4S namun para alumni P4S banyak yang belum memiliki modal usaha atau mendapat pinjaman  dari dana bergulir Pemda Kampar.

Untuk itu Edi memohon bantuan bupati dan dinas terkait untuk kemudahan mendapat pinjaman modal usaha bagi masyarakat Tapung Hulu, serta menyampaikan  ucapan terima kasih kepada panitia dan semua masyarakat yang telah ikut menyukseskan acara.

related post