Nasdem Kampar Diminati Warga Untuk Caleg

Kampar

Bangkinang, (antarariau.com) - Warga Kabupaten Kampar, Provinsi Riau banyak yang berminat untuk menjadi calon legislatif dari partai baru tersebut setidaknya bila dilihat dari daerah pemilihan V dan VI yang sudah melebihi kuota, padahan waktu pendaftaran masih tersisa hingga Kamis, (31/1).


Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Kampar Syamsul Muhkamar di Kampar, Rabu, menyampaikan apresiasinya atas respon positif warga untuk menjadi caleg dan sama sama ingin membesarkan partai yang baru seumur jagung untuk pemilu 2014.

"Animo yang besar itu menandakan Partai Nasdem yang mengusung gerakan perubahan mendapat dukungan besar dari masyarakat dan kita harapkan banyak yang menyalurkan aspirasi politiknya pada partai yang digagas Surya Paloh itu," katanya.

Di Dapil Kampar I yang meliputi Kecamatan Kampar, Kampar Utara, Kampar Timur, Rumbio Jaya  dan Tambang, bakal  caleg yang  telah mendaftar sebanyak 17 orang, padahal quota hanya 10 orang. Dapil Kampar II yang meliputi Kecamatan Tapung, Tapung Hulu dan Tapung Hilir telah mendaftar 12 orang bakal caleg dan jumlah ini sesuai dengan kuota sebanyak 12 orang.

Di Dapil Kampar III, meliputi kecamatan Siak Hulu dan Perhentian Raja, bakal caleg  yang telah mendaftar sebanyak   18 orang, sedangkan syarat quota hanya 6 orang, Dapil Kampar IV meliputi  kecamatan Kampar Kiri, Kampar Kiri Hulu,  Kampar Kiri Hilir, Kampar Kiri Tengah dan Gunung Sahilan  telah mendaftar 6 orang caleg dari 7 kuota yang ada.

Di Dapil Kampar V meliputi Kecamatan Bangkinang, Bangkinang Seberang, Salo, Kuok, XIII Koto Kampar dan Koto Kampar Hulu,  bakal caleg  yang mendaftar sebanyak 15 orang dari 10 quota yang ada.

“Artinya  dari  lima dapil  itu hanya Dapil Kampar IV yang belum terpenuhi kuota, dan ada tiga dapil (dapil I, III, dan V) yang melebihi kuota, sedangkan Dapil Kampar II, sama  dengan jumlah kuota yang ada,” jelas mantan anggota DPRD Kampar masa bhakti 2004-2009 ini.

Kendati demikian, masa pendaftaran tetap dibuka sampai 31 Januari 2013. “Partai telah memiliki mekanisme seleksi dan seleksi
bakal caleg ini akan dilakukan selama dua bulan, Februari dan Maret 2013 sehingga akhir Maret sudah ditetapkan daftar caleg sementara dari partai Nasdem,” ujar  Syamsul.

Bakal caleg yang mendaftar ini adalah mereka yang telah memiliki basis pendukung dimasing-masing daerah pemilihan. Disamping itu Nasdem juga memperhatikan keterwakilan perempuan dan kewilayahan (kecamatan).

“Kita (Nasdem) yakin  target minimal yang kita usung, satu dapil satu caleg, Insya Allah terpenuhi. Disamping target minimal itu, kita juga memasang  target untuk beberapa Dapil seperti Dapil Kampar I, II dan V,  ditargetkan masing-masing lebih dari satu caleg,” jelas Syamsul.

Syamsul berkeyakinan target pemilu 2014 mendatang akan tercapai. “Saya yakin dengan melihat caleg yang mendaftar ini, target Partai Nasdem pada pemilu 2014 tercapai, dengan demikian maka akan memuluskan Partai Nasdem  dalam mengusung  gerakan perubahan  menuju  restorasi di Kabupaten Kampar,” ujarnya.

related post