Horee... Tahun Depan Gaji Guru Bantu Bakal Naik

Pekanbaru (antarariau.com) - Gaji guru bantu atau non-PNS (pegawai negeri sipil) di berbagai wilayah di Provinsi Riau pada 2013 bakal naik dari Rp1,1 juta menjadi Rp1,2 juta.

           "Dinas Pendidikan Riau sudah merencanakan sejak lama untuk menaikkan  gaji guru bantu ini. Untuk itu, mulai 2013  gaji guru bantu akan dinaikan menjadi Rp1,2 juta per bulan," kata Kepala Bagian Hukum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Hendra Hadisuarno melalaui sambungan telepon Kamis.

           Dia mengatakan, kenaikan gaji itu juga sesuai dengan Peraturan Gubernur Riau yang diteruskan oleh Disdik Riau.

            "Nantinya, rencana ini akan disesuaikan dengan penetapan anggaran tahun 2013. Dengan rencana ini, jika terealisasi, diharapkan kinerja guru bantu dapat lebih ditingkatkan," katanya.

            Meski direncanakan naik menjadi Rp1,2 juta per bulan, namun nilai itu masih jauh berada di bawah rencana upah minimum provinsi (UMP) tahun 2013 yang telah ditetapkan sebesar Rp1,4 juta.

            "Sebenarnya usulan kenaikan awalnya sebesar Rp1,25 juta. Tetapi dalam draf yang dibuat Pemprov, kenaikan gaji yang disetujui hanya Rp1,2 juta," katanya.

          Dia mengatakan, jumlah uang yang diterima guru bantu di provinsi ini juga tidak hanya sebatas gaji pokok, masih banyak nilai tunjangan di luar gaji tersebut.

           Sesuai dengan kesepakatan, kata Hendra, pemerintah kabupaten dan kota juga diminta menganggarkan dana lainnya dengan mengacu pada jumlah gaji guru bantu yang direkrut oleh masing-masing wilayah.

           Misalnya, di kabupaten tertentu gaji guru bantu  mencapai Rp1,5 juta. Di lain itu juga biasanya ada bantuan untuk tunjangan. Namun dengan selisih gaji itu, maka kabupaten tersebut juga harus membayarkan selisih jumlahnya untuk guru bantu setingkat provinsi," katanya.

         Hal demikian menurut dia dilakukan agar tidak terjadi kecemburuan sosial di antara para guru bantu yang ada di berbagai wilayah di Riau.

           Data Dinas Pendidikan Riau mencatat saat ini jumlah guru bantu di Riau mencapai 5.892 orang yang terbagi atas guru Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

            Untuk guru bantu tingkat SD terdata sebanyak 2.745 orang, SMP 1.594 orang, dan guru  SMA 1.228 orang. ***3*** (T.KR-FZR)