Kualitas Udara di Pekanbaru Kini Dipantau

Lingkungan

Pekanbaru (antarariau.com) - Alat pemantau kualitas udara di Kota Pekanbaru, Riau, sekarang sudah bergungsi maksimal, karena sebelumnya sempat rusak pada dua tempat menyebabkan warga tidak mengetahui kondisi udara di wilayah ini.

         "Saat ini alat pemantau kualitas udara sudah bagus dan dapat dilihat publik melalui layar bergerak pada dua tempat," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemkot Pekanbaru, Syafrudin Sayuti, Kamis.

         Dia mengatakan, dua layar bergerak yang dipasang aparat untuk memantau kualitas udara terletak di jalan Tuanku Tambusai dan jalan Sudirman Pekanbaru.

         Menurut dia, sebelumnya alat pemantau itu memang rusak dan penduduk tidak dapat mengetahui kualitas udara Pekanbaru melalui layar yang tersedia.

         Pihaknya, berupaya untuk perbaiki peralatan yang rusak tersebut dengan mendatangkan para teknisi dari luar daerah.

         Bahkan anggaran perbaikan itu mencapai sebesar Rp700 juta yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemkot Pekanbaru.

         Namun untuk tahun 2013 pihaknya akan mendapatkan dana segar dari pemerintah pusat sebesar Rp1,3 miliar untuk perbaikan sejumlah peralatan laboratorium kualitas udara.

         Sedangkan peralatan laboratorium tersebut usianya sudah tua dan perlu ada pergantian sehingga mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat.

         Upaya untuk memperbaharui sejumlah peralatan laboratorium itu memang memerlukan anggaran besar, sementara Pemkot Pekanbaru mempunyai dana terbatas.

         Walau begitu, katanya, untuk mengatasi tersebut akhirnya melayangkan surat ke instansi terkait supaya mendapatkan bantuan dana.

         Saat ini, warga dapat melihat kualitas udara di Kota Pekanbaru melalui layar yang dipasang pada dua jalan berbeda. ***3*** (U.A047)    

related post