SPBU Di Pekanbaru Kehabisan BBM Subsidi

Pekanbaru, (antarariau.com) - Sejumlah SPBU di Kota Pekanbaru, Riau, mulai kehabisan BBM bersubsidi sehingga terpaksa tidak bisa melayani konsumen.

Berdasarkan pantauan ANTARA, Selasa, dua SPBU di sekitar Kecamatan Rumbai Pesisir tak lagi memiliki persediaan BBM subsidi. Kondisi yang sama juga terlihat di APMS di Kecamatan Senapelan yang berlokasi tak jauh dari Jembatan Siak III.

Petugas di SPBU memasangkan plang bertuliskan permintaan maaf karena persediaan BBM habis. Sementara itu, satu-satunya SPBU di Rumbai yang masih memiliki persediaan BBM berada, terlihat mengerahkan semua pegawainya untuk melayani pembeli agar tak terjadi antrean kendaraan yang panjang.

Satu SPBU yang masih memiliki persediaan di daerah Rumbai berlokasi di sekitar Jalan Kahyangan.

"Mulai tadi malam BBM subsidi mulai susah didapat karena SPBU mengaku kehabisan stok," kata seorang warga, Rudi, yang ditermui saat mengisi bensin.

Ia mengatakan langsung mengisi penuh tangki kendaraannya untuk mengantisipasi apabila kondisi kekosongan stok BBM subsidi makin parah.

Meski begitu, kepanikan dari konsumen belum terlihat karena warga rata-rata masih membeli BBM dalam jumlah normal.

Sebelumnya, SPBU di Riau kerap kali mengalami kehabisan BBM subsidi. Akibatnya adalah kuota BBM subsidi untuk Riau pada tahun ini memang jauh berkurang dari sebelumnya.

Namun, kondisi kekurangan stok seharusnya bisa dihindari pada tahun ini karena Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina Suhartoko beberapa waktu lalu memastikan tambahan kuota untuk Riau.

Tambahan kuota BBM subsidi mencapai 4,04 juta kiloliter (KL) yang telah disetujui DPR diyakininya sudah disalurkan sebagian. Ada tiga daerah yang jadi prioritas untuk daerah yang telah habis kuotanya, yakni di Riau, Jakarta, dan Kalimantan.