Pekanbaru bangun waduk untuk tiap kecamatan

Pekanbaru (antarariau) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, berencana membangun waduk di tiap kecamatan untuk mengatasi banjir yang melanda wilayah ini akibat meluapnya Sungai Siak dan beberapa saluran pembuang lainnya.

         "Kami sudah mempersiapkan rencana untuk membangun waduk mengatasi banjir ketika musim hujan," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT, kepada wartawan, Rabu.

         Dia mengatakan, pembangunan waduk tersebut untuk menampung air bila musim hujan dan dapat digunakan bila musim kemarau.

         Bahkan air waduk tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber air baku untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak.

         Selain itu, sekitar waduk juga dapat dijadikan lokasi wisata dan menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ditanami aneka pohon yang bermanfaatkan untuk paru-paru kota.

         Untuk tahap awal, katanya, perbaikan saluran pembuang lebih diutamakan karena aliran air nantinya akan bermuara ke waduk dan ke Sungai Siak.

         Selama ini, waduk yang berada di jalan Diponegoro, sudah berfungsi maksimal, sehingga bila hujan turun maka kawasan tersebut sudah tidak tergenang lagi.

         Berbagai solusi sudah dicari, namun langkah terbaik mengatasi banjir di kawasan ini adalah dengan membangun waduk pada beberapa tempat.

         Dia mengatakan bahwa rencananya waduk tersebut akan ditambah sebanyak 10 tempat guna menghindari rumah penduduk dari genangan air.

         Sebelumnya, Pemkot Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum kewalahan menampung keluhan warga ketika musim hujan karena sejumlah kawasan perumahan terendam air bah.

         Namun keluhan tersebut ditanggapi serius dengan melakukan pengerukan saluran dan anak sungai agar air bah berkurang mengenangi pemukiman penduduk. ***3***