Uang Kesra Guru Inhu segera dicairkan

Rengat,  (antarariau) - Guru PNS maupun non PNS di Kabupaten Inhu, Provinsi Riau segera menerima uang kesra dengan sumber dana dari Pemerintah Provinsi Riau dan uang itu sedikit terlambat akibat SK Gubernur Riau yang belum diterima Pemkab sebagai acuan pembayaran.

"Pembayaran uang Kesra guru-guru sedang dalam proses untuk dicairkan dan mudah-mudahan dalam beberapa hari kedepan proses pencarian sudah tuntas untuk selanjutnya dibayarkan," kata Kabag Keuangan Setda Inhu Hasman Dayat kepada wartawan di Rengat, Rabu.

Dikatakannya, Pemkab Inhu pada prinsipnya siap membayarkan uang Kesra guru tersebut. Namun sebelumnya, pembayaran uang Kesra itu terkendala belum adanya payung hukum berupa SK dari Gubri dan bukan belum mau membayarkannya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Inhu Ujang Sudrajat mengatakan beberapa waktu lalu Disdik Pemkab Inhu telah mengusulkan 7.626 nama-nama penerima uang kesra ke Pemprov Riau untuk diverifikasi.
 
Dari sejumlah nama yang diusulkan tersebut terdapat guru non PNS yang telah memiliki Nomor Unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), sehingga tidak ada perbedaan didalam mendapatkan tunjangan kesra, bahkan diharapkan tidak menjadi persoalan disaat pencairan nantinya.

Selain itu ada juga Guru dan pengawas yang diusulkan diantaranya, untuk non PNS sebanyak 3.600 orang guru dan sejumlah 4.020 orang guru PNS. Dimana guru tersebut berasal dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan SLB.

Jika uang kesra ini nantinya telah diterima oleh semua guru yang ada di Kab Inhu sebaiknya dipergunakan sedemikian rupa dan akan menambah semangat kerja para guru. Inilah sebagai bukti Pemkab Inhu peduli akan hak para guru.

Anggota Dewan Pendidikan Kab Inhu H Adek Chandra mengatakan dengan diberikannnya uang kesra para guru dalam waktu dekat ini, akan memberikan ketenangan bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, karena uang itu saat ini sangat dibutuhkan para guru yang telah mengabdi dan mengajar.

"Uang Kesra itu penting, walau nilainya tidak seberapa, namun untuk para guru sesuatu yang sangat dibanggakan mereka dan diharapkan kepada Pemkab Inhu jika SK sudah turun, mohon segera diberikan kepada guru-guru di Inhu," katanya dengan penuh harap.
 
Uang Kesra hendaknya jangan terlalu lama ditahan di keuangan Pemkab Inhu, sehingga tidak menjadi tanda tanya dikalangan para guru se-Inhu dan agar uang tersebut bisa segera dimanfaatkan oleh para guru.(Asri).