KNPI Inhu Gelar Pemuda Expo

Rengat (antarariau.com) - KNPI Provinsi Riau dalam memperingati hari sumpah pemuda ke-84,  28 Oktober 2012  akan menggelar kegiatan pemuda expo di Lapangan Hijau Rengat serta berbagai kegiatan pemuda dan perlombaan tingkat sekolah.

Ketua KNPI Inhu Supand didampingi Wakil Ketua Jawalter di Pematangreba, Rabu, menyatakan, berbagai persiapan seperti pembentukan panitia sudah dilakukan menjelang puncak perayaan HUT sumpah pemuda 28 Oktober agar terlaksana dengan baik.

"kegiatan perayaan HUT sumpah pemuda di Kab Inhu akan kita laksanakan (30/10), paginya upacara kemudian pada siang hari kita melaksanakan expo pemuda di Lapangan hijau," ujar Supandi.

Menurut Supandi, peringatan hari sumpah pemuda dimeriahkan dengan berbagai kegiatan antara lain parade tari nusantara, kesenian, reok, tari batak totor, barongsai, pencak silat dan aeromodelling hingga perayaan tahun ini meriah.

"Kegiatan direncanakan dibuka langsung oleh  Bupati Inhu Yopi Arianto dan dihadiri oleh unsur Muspida Pemkab Inhu, "jelas Supandi.

Expo pemuda nantinya selain diikuti organisasi kepemudaan juga akan diikuti oleh SMA sederajat se-Inhu, Instansi pemerintah dan perusahaan swasta yang beroperasi di wilayah Inhu. Kegiatan yang akan di ikuti oleh siswa tingkat TK hingga tingkat SMA adalah lomba pidato, menggambar, puisi, dan festival budaya.

Seluruh kegiatan ini selain memeriahkan HUT sumpah pemuda juga bertujuan untuk memperkenalkan hasil karya pemuda Inhu ke masyarakat luas, mempromosikan produk daerah, serta  sebagai ajang untuk transaksi hasil karya masyarakat.

Perayaaan nantinya selain ditujukan untuk mengundang investor ke Inhu, juga sarana membantu peningkatan PAD Inhu serta membangun kreatifitas dan inovasi anak negeri.

Pada tahun sebelumnya kegiatan yang dilakukan tidak mempunyai agenda selengkap apa yang dilakukan pada tahun ini, dikarenakan pada 2012 ini menunjukan semakin meningkatnya tingkat kreatifitas para pemuda Indragiri Hulu, sekaligus tingkat kepedulian Pemkab Inhu terhadap kreatifitas pemuda semakin baik.

"Bupati Inhu Yopi Arianto merupakan tokoh pemuda, yang sangat memberikan apresiasi setiap kreatifitas dan inovasi para pemuda Inhu, jarang sekali menemukan Bupati yang sangat peduli kegiatan yang berbasis kepemudaan, ini perlu diberikan apresiasi tinggi," kata Marwan Umar (45) salah satu tokoh pemuda Indragiri Hulu diminta keterangannya tentang kepemudaan.

Dikatakannya, semakin tinggi kreatifitas seorang pemuda pada suatu daerah maka semakin baiklah calon-calon pemimpin bangsa kedepan, dimana pemuda memiliki peranan yang sangat penting didalam menata kehidupan berbangsa dan bernegara.

Yang dimaksud pemuda didasarkan UU Pemuda No 40 tahun 200- adalah orang yang berumur 16 tahun hingga 30 tahun. (Asri)