CJH Diminta Kenali Baik-Baik Agen Perjalanan Haji

Kesra

Pekanbaru, (antarariau) - Asosiasi Biro Perjalanan Indonesia (ASITA) Riau mengingatkan kepada warga masyarakat yang ingin berangkat haji menggunakan fasilitas Ongkos Naik Haji (ONH) plus harus lebih dulu mengenal benar travel yang menawarkan.

         "Dengan mencari travel atau agen resmi, kemudian menjadi anggota ASITA dan betul-betul legal secara hukum, maka mansyarakat akan terhindar dari berbagai penipuan yang menawarkan fasilitas ONH plus," ujar Sekretaris ASITA Riau Muhammad Junaidi, kepada ANTARA di Pekanbaru, Kamis.

         Sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir di Riau, berulang kali terjadi penipuan yang menawarkan menggunakan fasilitas ONH plus oleh perusahaan travel dan memakan  korban masyarakat.

         Junaidi mengatakan, kondisi itu terjadi karena kebanyakan sekarang ini bermunculan travel-travel yang tidak legal, bukan anggota ASITA, namun mereka memiliki koneksi dan akses sebagai cabang dari perusahaan travel yang berkedudukan di Jakarta.

         Meski memiliki koneksi dan akses untuk masuk ke fasilitas ONH plus, tapi sebenarnya travel itu tidak punya kekuatan berupa payung hukum atas perusahaannya serta bila terjadi praktek penipuan, masyakat akan dirugikan.

         "Tapi kalau jelas perusahaannya, kan tahu kita termasuk jika ingin menuntutnya. Kalau seperti selama ini tidak jelas termasuk keberadaan perusahaanya, maka carilah perusahaan yang betul-betul 'bonafide', punya payung hukum dan kantornya jelas," katanya.

         Sebelumnya Kantor Kementerian Agama Riau juga mengingatkan masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji lewat biro perjalanan haji agar lebih waspada dengan praktek penipuan yang selama ini marak terjadi.

         Kepala Kantor Wilayah Kemenag Riau Tarmizi Tohor mengatakan, biro perjalanan haji terutama travel yang menawarkan haji khusus (plus) dengan harga yang murah dan bisa berangkat pada saat mendaftarkan diri, itu tidak benar.

         "Saya sampaikan kepada masyarakat bahwa itu tidak benar, pasti ada antrian itu. Sekarang saja untuk haji plus sudah tiga tahun antriannya, tetapi jika ada yang menjanjikan mendaftar tahun ini dan langsung berangkat, itu bohong," tegasnya.

         Pihaknya kesulitan untuk mengawasi biro perjalanan haji karena perusahaan biro-biro perjalanan izinnya dikeluarkan oleh Kemenag RI, sementara perusahaan yang ada di Riau hanya merupakan kantor cabang.

         "Kita sulit memantau karena izin biro perjalanan haji berada di pusat, jadi izinnya bukan di daerah. Dirjen haji sudah menjanjikan bahwa ke depan mungkin biro perjalanan haji tidak lagi di pusat melainkan di daerah, sehingga daerah bisa memantau," ujarnya.

related post

Stylish responsive footer | Script Tutorials
  • Tentang Kami

    Kantor Berita LKBN ANTARA RIAU. Jl. Sumatera no. 4 Pekanbaru-Riau Telp: 0761-25647 Website: www.antarariau.com WebMobile : m.antarariau.com
  • Kategori

    Riau , Nusantara, Internasional, Ekonomi dan Bisnis, Olahraga, Kesra, Hukrim, Lifestyle, Foto, Lingkungan, Unik, Humor, Otomotif
  • Link Portal

    Antara Aceh, Antara Sumut, Antara Sumbar, Antara Riau, Antara Jambi, Antara Bengkulu, Antara Sumsel, Antara Lampung.