Kerupuk Khas Sumbar Jadi Favorit Buah Tangan Pemudik

Ekbis

Pekanbaru, (antarariau) - Ribuan warga Riau yang tengah berlibur ke sejumlah daerah di Provinsi Sumatra Barat pada musim libur Lebaran Idul Fitri 1433 H lalu kebanyakan "menyerbu" makanan ringan khas Minang Kabau itu, yakni ragam kerupuk.

        "Dari banyak jenis kerupuk yang dipajang di toko ini, kebanyakan pelanggan yang rata-rata warga wisatawan memilih memborong kerupuk balado dan kerupuk kulit," kata Anita, penjaga toko kerupuk "Mintuo" yang berlokasi di jalan utama Kota Bukittinggi, Sumbar, Senin.    

         Kerupuk atau kripik balado merupakan makanan cemilan khas bagi kebanyakan warga Sumbar yang saat ini sudah menjadi produk unggulan untuk menjadi oleh-oleh khas "Minang Kabau".

        Kerupuk atau kripik ini memang banyak di temui di daerah Sumatra Barat, campuran rasa pedas dan manisnya membuat sensasi rasa tersendiri, kerupuk ini juga cukup tahan lama sehingga cocok sebagai oleh-oleh  untuk perjalanan jauh.

         "Untuk kerupuk balado ini, perhari itu terjual sebanyak lebih 100 kilogram," katanya.

         Sementara untuk kerupuk kulit asli cupak yang juga banyak diminati oleh para wisatawan asal Riau diakui para pedagang di Bukittinggi maksimal mampu terjual lebih 50 kilogram untuk setiap toko yang menyediakan panganan cemilan khas satu ini.

         Kerupuk kulit asli cupak merupakan panganan cemilan khas yang saat ini telah menjadi pemasukan bagi kebanyakan warga Kabupaten Solok, Sumbar.

        "Kerupuk kulit bagi orang Sumbar merupkan satu cemilan yang sangat digemari sebagai teman nasi diwaktu makan.

         Kerupuk ini mempunyai ciri khas sendiri apabila dibandingkan dengan kerupuk kulit lainya yang ada di Indonesia, dengan rasanya yang khas yaitu garing dan berasa bumbunya (asinnya pas) dan tidak kopong," kata Amin, pedagang kewrupuk pada toko "Asli Sanjai" Bukittinggi.

        Dia mengakui, diserbunya ragam jenis kerupuk khas Sumbar sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan ini memang telah biasa terjadi pada hari-hari libur sekolah setiap tahunnya.

         "Seperti musim libur Lebaran kali ini, memang banyak yang berbelanja kerupuk khas Sumbar. Terutama untuk kerupuk kulit dan kerupuk balado," katanya.

related post