PLN Investasi Rp43 Milliar Untuk PON-Riau

Ekbis

Pekanbaru, (antarariau) - PLN Wilayah Riau-Kepri (WRKR) menggelontorkan investasi sebesar Rp43 miliar untuk mendukung sarana kelistrikan PON XVIII yang akan digelar di Provinsi Riau pada September 2012.

        "Investasi PLN dalam PON XVIII sebesar Rp43 miliar diluar operasional," kata GM PLN WRKR, Djoko Abumanan, di Pekanbaru, Sabtu.

        Investasi itu digunakan untuk gardu pelanggan dan gardu hubung dengan kubikel, serta trafo distribusi dan trafo mobile. Kemudian ada juga investasi untuk unit kabel bergerak, genset mobile, serta perangkat SKTM dan SUTM dengan daya masing-masing 20 kilovolt (KV).

        "Pada prinsipnya kami tak terlalu mengharapkan untung dari investasi karena kelistrikan merupakan tanggung jawab PLN sebagai badan usaha negara," katanya.

        Ia mengatakan, PLN memperkirakan kondisi di Riau pada saat penyelenggaraan PON pada bulan September akan mencapai 457 Mega Watt (Mw) saat beban puncak. Menurut dia, terjadi kenaikan signifikan karena tahun lalu kondisi beban puncak mencapai 338 Mw atau bertambah sekitar 100 Mw.

        Ia mengatakan, kondisi beban puncak saat normal di Riau mencapai 444 Mw, sedangkan daya mampu atau kemandirian energi baru mencapai 266 Mw.

        Untuk menanggulangi kekurangan daya, PLN masih akan mengandalkan pasokan listrik dari sistem interkoneksi dan juga penambahan pembangkit diantaranya seperti di Kota Dumai sebesar 40 Mw, dan Duri sebesar 17 Mw.

        "Kami juga akan menambah mesin-mesin baru dengan menyewakan," katanya.

        Ia mengatakan, PLN menginventarisir 46 lokasi kegiatan penyelenggaraan PON, termasuk arena penyelenggara cabang olahraga PON Riau.

        Yang diutamakan adalah upacara pembukaan dan penutupan di Stadion Utama Riau, stadion penyelenggaraan cabang sepakbola, serta media senter di Menara Bank Riau dan Bandara.

        Selain itu, PLN juga menyatakan kesiapan untuk menunjang kelistrikan bagi arena pertandingan di seluruh daerah penyelenggaraan cabang olahraga PON.

        Pelayanan akan dibagi di 14 rayon PLN di tiap kabupaten/kota, di antaranya Rayon Rumbai akan melayani 12 arena, rayon Simpang Tiga sembilan arena, Panam (7), Kota Timur (6), Siak (5), Dumai (4) dan Kota Barat (3).

related post