Wouiii... Calon Gubernur Riau Jalani Ritual Gaib di Makam Kerajaan Siak

Pekanbaru (antarariau) - Sejumlah nama bakal calon Gubernur Riau periode 2013-2018 dikabarkan menggelar ritual gaib di kompleks makam Kerajaan Siak pada Masjid Raya Pekanbaru sebagai upaya kesuksesan menjadi orang nomor satu di "provinsi kaya minyak" itu.
    
"Sangat banyak sejumlah pejabat yang menggelar ziarah ke Makam Kerajaan Siak di Masjid Raya Pekanbaru. Bahkan sejumlah bakal calon Gubernur Riau," kata Yusrizal Mat, seorang jemaah
Masjid Raya Pekanbaru yang ditemui ANTARA jelang Shalat Azhar, Sabtu sore.
    
Menurutnya, kebanyakan bakal calon pemimpin daerah Provinsi Riau itu menggelar ritual gaib di makam kerajaan tersebut untuk mendapatkan bekal gaib menuju kekuasaan.
    
"Saya juga heran, mengapa mereka sampai segitunya," kata Yusrizal yang mengaku sebelumnya juga sempat menjabat sebagai pengelola rumah ibadah berumur ratusan tahun itu.
    
Ia mencontohkan, sejumlah nama bakal calon gubernur yang terpantau telah menggelar ritual gaib di Masjid Raya Pekanbaru diantaranya yakni Lukman Edy yang merupakan Mantan Menteri Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) RI.
    
"Lukman Edy sempat terlihat saya datang malam-malam ke makam Kerajaan Siak di Masjid Raya Pekanbaru bersama sejumlah anggotanya," kata dia.
    
Ia menjelaskan, ukup lama bakal calon Gubernur Riau itu berada di dalam makam melakukan kegiatan ritual gaib secara bersama.
   
Yusrizal menjelaskan, kala itu kedatangan Lukman Edy beserta rombongan memang tampak diam-diam dan sempat mencurigakan.
   
"Namun setelah tahu itu adalah calon gubernur, kami kemudian mendiamkannya. Karena maksud dan tujuannya pasti sama dengan calon pemimpin daerah lainnya yang sebelumnya juga sempat berkunjung ke makam ini," katanya.
     
Selain Lukman Edy, bakal calon Gubernur Riau lainnya yang sebelumnya sempat mengunjungi Makam Raja Siak juga ada yakni Thamsir Rahman.
    
Petinggi Partai Demokrat Riau ini diakuinya juga sempat mengunjungi Makam Raja Siak saat hendak mencalonkan diri sebagai Gubernur Riau periode 2007-2012.
    
Namun pata pertarungan politiknya waktu itu, Thamsir Rahman harus mengakui kekalahan dengan calon gubernur lainnya yang sampai saat ini masih memimpin daerah "Kaya Minyak" itu, yakni Rusli Zainal.
    
Tidak hanya calon pemimpin daerah, menurut dia, calon pemimpin negara yang juga sempat menggelar ritual gaib di Makam Kerajaan Siak juga ada.
    
"Salah satunya yakni Wiranto yang merupakan calon Wakil Presiden RI dari Partai Hanura," katanya.
    
Namun sama halnya dengan Thamsir, Wiranto juga gagal untuk mencapai kursi kepemimpinan negara ini sebagai wakil presiden setelah kalah telak dengan rifalnya, Susilo Bambang Yudoyono yang maju lewat Partai Demokrat.
   
Seorang jemaah sekaligus pengelola Majid Raya Pekanbaru, Edi, menjelaskan, di kompleks pemakaman Masjid Raya tersebut, saat ini terdapat enam makam utama yang merupakan kalangan kesultanan dan kerajaan.
    
Diantaranya yakni, Said Zaen selaku Pangeran Kusuma Dilaga dan Panglima Kerajaan Siak. Kemudian makam Sultan Alamuddinsyah, Raja Siak Keempat serta Sultana Khodijah Binti Daing Prani selaku Isteri dari Sultan Keempat Kerajaan Siak.
   
Kemudian adapun Tengku Embung Badariyah yang merupakan anak dari Sultan Keempat serta Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah yang merupakan Sultan Siak Kelima
   
"Yang terakhir yakni Syarif Osman Sahabuddin selaku Panglima Besar Kerajaan Siak yang juga suami dari Khodijah anak dari Sultan Siak ke tujuh," katanya.