Pekanbaru Keluarkan Rp15 Miliar Setahun Untuk Sampah

Publik

Pekanbaru, (antarariau) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, setiap tahun mengeluarkan dana sebesar Rp15 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mengurus sampah di wilayah ini.

         "Hampir tiap tahun pemerintah daerah mengeluarkan uang sebesar Rp15 miliar untuk mengatasi sampah," kata Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi kepada wartawan, di Pekanbaru, Selasa.

         Dia mengatakan, untuk mengurangi anggaran tersebut maka diharapkan warga dapat mengurus sampah di lingkungan masing-masing agar dana itu dapat dimanfaatkan oleh kepentingan lain.

         Setiap hari sampah pasar maupun rumah tangga di Kota Pekanbaru mencapai sekitar 400 ton dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Muara Fajar, Kecamatan Rumbai.

         Dia mengatakan bahwa sampah terbanyak berasal dari rumah tangga yang tersebar pada 13 kecamatan dan 60 kelurahan.

         Ayat mengharapkan supaya warga memiliki persepsi bahwa sampah itu mempunyai nilai guna sehingga dapat bermanfaat untuk kompos atau keperluan lain dengan cara daur ulang.

         Dalam suatu kegiatan di sebuah perguruan tinggi di Jalan Hang Tuah Pekanbaru, sampah dapat didaur ulang dan mereka mempunyai bank sampah.

         Sampah berupa plastik dapat digunakan untuk tas, dompet maupun sendal yang dapat berguna untuk kepentingan mahasiswa.

         Selain itu, para mahasiswa tersebut juga memiliki bank sampah dengan jumlah nasabah mencapai 1.700 mahasiswa dengan saldo tabungan mencapai Rp30 juta.

         Menurut Ayat bahwa sikap dari mahasiswa peduli sampah itu yang harus ditiru sehingga sampah mempunyai nilai tambah dan dianggap berguna.

         "Kegiatan mahasiswa itu sebaiknya dicontoh oleh yang lain sehingga sampah di Pekanbaru dapat dimanfaatkan sebaik mungkin," katanya.

         Demikian pula bila masing-masing perguruan tinggi atau pihak sekolah dapat memanfaatkan pengolahan sampah secara baik tentunya dana dari APBD untuk mengurus sampah dapat dialihkan bagi keperluan pendidikan atau kesehatan warga.

related post

Stylish responsive footer | Script Tutorials
  • Tentang Kami

    Kantor Berita LKBN ANTARA RIAU. Jl. Sumatera no. 4 Pekanbaru-Riau Telp: 0761-25647 Website: www.antarariau.com WebMobile : m.antarariau.com
  • Kategori

    Riau , Nusantara, Internasional, Ekonomi dan Bisnis, Olahraga, Kesra, Hukrim, Lifestyle, Foto, Lingkungan, Unik, Humor, Otomotif
  • Link Portal

    Antara Aceh, Antara Sumut, Antara Sumbar, Antara Riau, Antara Jambi, Antara Bengkulu, Antara Sumsel, Antara Lampung.