Pekanbaru Tawarkan Investasi Industri Di Tenayan Raya

Ekbis

Pekanbaru, (antarariau) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau,  menawarkan investasi di kawasan Tenayan Raya untuk pembangunan ratusan unit industri besar, sedang, dan kecil pada areal seluas 1.550 hektare.

"Pada areal seluas 1.550 hektare itu potensial dibangun industri makanan,  industri kecil, pakaian jadi dan kulit, industri kayu dan barang dari kayu, industri kimia dan barang-barang dari bahan kimia," kata Roni Ronaldi, penjaga stan dalam arena Pekanbaru Expo, Jumat.

Selain itu, industri yang potensial dikembangkan di kawasan industri Tenayan Raya itu adalah industri minyak bumi, batu bara, karet dan plastik, industri barang galian bukan logam dan industri logam.

Kawasan industri Tenayan Raya yang berlokasi di Kecamatan  Bukit Raya adalah penampungan industri polutan yang saat ini jumlahnya cukup banyak dan keberadaaannya tidak sesuai lagi dengan perkembangan kota (RUTRK).

Sementara itu komponen biaya yang dibutuhkan sebesar 97,2 juta dolar AS  adalah untuk pembangunan jalan dalam kawasan industri, penerangan, jalan, jalur hijau, dan pagar keliling.

Selain itu land filling, land clearing, hutan, drainase, saluran limbah, water waste, treatmen, dengan menghitung tingkat inflasi yang terjadi sehingga nilai investasi dapat dihitung kembali.

Ia mengatakan,  proporsi penggunaan lahan untuk kawasan industri Tenayan Raya yakni  industri besar seabnyak 40 unit dengan luas per unit 3 hektare, industri sedang 145 unit  dengan luas perunit 3 hektare industri kecil 900 unit dengan luas per unit 0,5 hektare.

Di samping itu luas sarana dan prasarana 31 hektare dan luas ruang terbuka hijau 155 hektare.

Kawasan industri Tenayan terletak di pinggir Sungai Siak sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan ekspor dan impor. Jarak dari pusat kota sekitar 14 km. Akses menuju kawasan bisa melalui Jalan Sumber Sri, Jalan Hangtuah, Jalan Harapan Raya, atau melalui pelabuhan Sungai Duku.

related post

Stylish responsive footer | Script Tutorials
  • Tentang Kami

    Kantor Berita LKBN ANTARA RIAU. Jl. Sumatera no. 4 Pekanbaru-Riau Telp: 0761-25647 Website: www.antarariau.com WebMobile : m.antarariau.com
  • Kategori

    Riau , Nusantara, Internasional, Ekonomi dan Bisnis, Olahraga, Kesra, Hukrim, Lifestyle, Foto, Lingkungan, Unik, Humor, Otomotif
  • Link Portal

    Antara Aceh, Antara Sumut, Antara Sumbar, Antara Riau, Antara Jambi, Antara Bengkulu, Antara Sumsel, Antara Lampung.