Pecinta Alam Dumai Tanam Ribuan Mangrove

Lingkungan

Dumai, (antarariau) - Organisasi penggiat lingkungan, Club Pencinta Alam Bahari (PAB) Kota Dumai, Provinsi Riau menanam 2012 batang mangrove di sepanjang pantai hutan bandar bakau, Jalan Nelayan Ujung, Kecamatan Dumai Barat, Minggu.

Seremoni penanaman mangrove yang dihadiri Walikota setempat, Khairul Anwar dan DPRD dengan diawali penaburan benih siput dan lokan di perairan sekitar bandar bakau.

Menurut Ketua PAB Dumai, Darwis Mohammad Saleh, penanaman ribuan pohon ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang telah berlalu.

Kegiatan penanaman mangrove 2012 batang ini dihadiri juga unsur Muspida, organisasi massa, partai politik, perusahaan, duta lingkungan PAB Club, Bujang Dara 2012, finalis Putri Dumai dan masyarakat umum.

Sebelumnya, PAB telah menggelar kegiatan berbeda di bandar bakau yang direncanakan Pemerintah Kota (Pemkot) setempat menjadi hutan wisata mangrove berwawasan ramah lingkungan.

Diantaranya, apel bendera di hutan mangrove, dialog alam bertema lingkungan, aksi damai dan bersih-bersih di sungai Dumai dan pemutaran film dokumenter bandar bakau.

"Lingkungan harus senantiasa terjaga setiap waktu, oleh karena itu, PAB melakukan kegiatan nyata penanaman pohon sebanyak 2012 batang, sesuai angka pada tahun ini," sebut Darwis.

Ia menjelaskan, upaya pihaknya melakukan pemeliharaan ekosistem mangrove mendapat apresiasi dan respon positif dari pemkot setempat.

Selain akan dikembangkan menjadi hutan wisata mangrove, Pemkot dan perusahaan akan membentuk kelompok penyelamat pesisir di kawasan sungai dan pantai.

Sementara. Walikota Dumai Khairul Anwar berharap hutan bandar bakau yang dikelola club PAB dapat dikembangkan menjadi wisata lingkungan di tengah kota.

Pemkot sejauh ini sudah menseriuskan diri mengupayakan realisasi dari rencana pengembangan hutan mangrove jadi objek wisata dengan mengintruksikan satker terkait bersinergi dengan PAB club.

"Kita apresiasi dengan upaya kelola hutan mangrove oleh PAB club ini, dan kedepan akan diupayakan kawasan ini jadi objek wisata alam mangrove ramah lingkungan di tengah kota," ungkap Walkot.

related post

Stylish responsive footer | Script Tutorials
  • Tentang Kami

    Kantor Berita LKBN ANTARA RIAU. Jl. Sumatera no. 4 Pekanbaru-Riau Telp: 0761-25647 Website: www.antarariau.com WebMobile : m.antarariau.com
  • Kategori

    Riau , Nusantara, Internasional, Ekonomi dan Bisnis, Olahraga, Kesra, Hukrim, Lifestyle, Foto, Lingkungan, Unik, Humor, Otomotif
  • Link Portal

    Antara Aceh, Antara Sumut, Antara Sumbar, Antara Riau, Antara Jambi, Antara Bengkulu, Antara Sumsel, Antara Lampung.