Lukman Edy Bidik Kursi Gubri

Pekanbaru (AntaraRiau-News) - Mantan Menteri Negera Pembangunan Daerah Tertinggal, M. Lukman Edy, berniat untuk maju dalam pencalonan Gubernur Riau periode 2013-2018.

"Saya sudah ikhtiar, ini merupakan tanggung jawab moral untuk saya sebagai putra asli Riau," kata Lukman Edy ketika berkunjung ke kantor LKBN ANTARA Biro Riau, di Pekanbaru, Selasa (24/4).

Pria kelahiran Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, itu mengatakan dirinya kini makin gencar turun ke 12 kabupaten/kota di Riau untuk mendengarkan aspirasi rakyat. Dalam perjalanan itu ia mengatakan banyak mendapat aspirasi dari warga mengenai kesenjangan ekonomi dan kultural di tengah masyarakat dan selama ini masih diabaikan pemerintah daerah.

"Secara makro, angka kemiskinan di Riau menang turun, tapi yang sesungguhnya terjadi adalah kesenjangan di tengah masyarakat sangat besar dan multidimensi dari segi kulturan dan ekonomi," katanya.

Menurut dia, rasio perbedaan pendapatan masyarakat pedesaan dan kota di Riau kini cukup tinggi yakni mencapai 0,34 persen. Menurut dia, hal itu menunjukan bahwa pembangunan Riau yang digembar-gemborkan sangat pesat ternyata belum dinikmati secara merata hingga ke pelosok dan daerah pesisir.

"Kondisi ini sangat rawan terjadi konflik sosial," ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Menurut dia, warga di pesisir Riau hingga kini masih terbelenggu dengan kemiskinan dan kebodohan. Karena itu, hal yang perlu dipikirkan oleh Gubernur Riau periode yang akan datang adalah bagaimana menerapkan kebijakan antikemiskinan melalui kebijakan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, dan bukan sekedar kebijakan "lipstik" semata.

Selain itu, ia juga berencana untuk menerapkan formulasi baku untuk perimbangan dana APBD di tiap kabupaten/kota agar distribusi dana bisa adil dan proporsional.

"Masyarakat juga menginginkan adanya kebijakan antikorupsi dengan program pembangunan yang bisa membuka daerah terisolasi di pesisir dan pedalaman Riau," katanya.

Meski begitu, ia mengatakan belum bisa memastikan pasangan politiknya untuk maju dalam pemilihan Gubernur Riau yang akan digelar pada tahun 2013.

"Saya berusaha dulu, hasilnya nanti belakangan," katanya.