Pemkot Dumai sediakan Beasiswa Rp1,8M

Dumai, Riau (ANTARARIAU News) - Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau menyediakan anggaran beasiswa sebesar Rp1,8 miliar untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretaris Kota (Setko) Dumai, Faizal, Jumat, mengatakan, dana yang dialokasikan dalam APBD Kota 2012 ini diperuntukkan bagi ribuan mahasiswa jenjang pendidikan Diploma III (D3) hingga pascasarjana (Strata 2).

Dikatakan, bantuan beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dengan mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 32 Tahun 2011 tentang Dana Hibah, Bantuan Sosial termasuk Beasiswa.

"Seperti pada tahun sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai tetap mengalokasikan anggaran beasiswa bagi mahasiswa di daerah setempat yang berasal dari keluarga kurang mampu," katanya.

Diharapkannya, dengan bantuan ini, selain mengurangi beban biaya pendidikan di masa perkuliahan, juga membantu mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya di berbagai jurusan.

Bantuan ini, menurutnya, diperkirakan sudah bisa dinikmati para insan muda intelektual ini pada bulan Juni 2012.

"Saat ini Bagian Kesra tengah melakukan proses verifikasi proposal pencairan di sistem keuangan daerah setempat," tuturnya.

Ditegaskannya, mahasiswa yang menerima bantuan beasiswa ini harus berasal dari keluarga kurang mampu dengan bukti melampirkan surat keterangan miskin dari kelurahan tempat asal mahasiswa.

Sistem penyaluran beasiswa tahun ini, lanjutnya, mengalami perubahan mendasar.

"Yaitu terkait dengan nama dan alamat penerima bantuan yang harus jelas. Hal ini sudah diatur dalam rencana kegiatan anggaran yang menetapkan jumlah penerima dan alokasi bantuan berdasarkan jenjang perkuliahan," jelasnya.

Kepada mahasiswa kurang mampu yang belum mendapatkan bantuan beasiswa ini, ia mengingatkan, agar mereka mencari informasi seluas-luasnya tentang waktu dan pendaftaran penyaluran beasiswa itu.