Pemkab Sinergi dengan Pengusaha Muda

id pemkab sinergi, dengan pengusaha muda

Siak, Riau, (ANTARARIAU News) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, terus membangun sinergi dan kerjasama harmonis dengan para pelaku usaha, terutama dari kalangan muda, guna menopang serta memajukan ekonomi masyarakat, melalui penciptaan lapangan usaha baru sekaligus menyerap tenaga kerja.

"Kami mengharapkan adanya sinergisitas dan kerjasama strategis serta harmonis antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar dengan para pelaku usaha muda demi menopang serta memajukan ekonomi masyarakat di sini," Bupati SiaK, Syamsuar, Rabu.

Itulah sebabnya, demikian Syamsuar, pihaknya menyambut hangat pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Siak, periode 2011-2012 di "Panggung Siak Bermadah", Siak Sri Indrapura, Selasa kemarin.

Syamsuar juga merespons positif atas terpilihnya Iskandar S selaku Ketua Umum BPC Hipmi Kampar beserta sejumlah pengurus yang dilantik oleh Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi Provinsi Riau, Rinor Kuswan.

Dalam kesempatan tersebut, Syamsuar membuka secara resmi Pelatihan Perikanan dan Pameran Ikan Hias Endemik Siak serta Pameran Teknologi Informasi dan Komunikasi (IT) yang digelar bersamaan dengan Pameran Produk Pertanian dan Pupuk

"Saya bangga dengan tiga pameran yang ditaja langsung oleh Hipmi Siak di lapangan depan Istana Siak tersebut. Ini merupakan salah satu pergerakan strategis untuk menciptakan nilai-nilai kewirausahaan yang tinggi kepada setiap anak muda di sini," ujarnya.

Dengan begitu, menurutnya, diharapkan juga berperan untuk mengubah pola pikir masyarakat, terkait upaya menggerakkan roda ekonomi rakyat, sehingga tidak bergantung pada pendapatan belanja daerah (APBD) saja.

"Masyarakat harus mengubah pola pikir atau membuka paradigma baru, supaya perkembangan ekonomi masyarakat tidak hanya tergantung pada APBD saja, tetapi bisa membuka peluang-peluang usaha baru yang mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Siak di masa datang," harapnya.

Penggerak Roda Investasi

Bupati H Syamsuar menambahkan, para pengusaha muda merupakan salah satu komponen vital yang menjadi mitra strategis pemerintah dalam menyukseskan proses pembangunan daerah maupun pembangunan nasional.

"Itu juga merupakan salah satu tujuan berdirinya Hipmi, selain harus ikut mendorong dan berperan serta dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda," jelasnya.

Hipmi, menurutnya, harus menjadi pembina sekaligus memajukan generasi muda kokoh serta profesioanal dalam sektor usaha yang ditekuni, berperan dalam menggali dan memanfaatkan sumberdaya di sekitarnya.

"Termasuk mengembangkan sumberdaya manusia dalam proses teknologi dan menciptakan para pengusaha daerah yang mampu bersaing di pasar nasional bahkan global," paparnya.

Sementara itu, Ketua BPC Hipmi Kampar, Iskandar S, mengungkapkan Hipmi merupakan suatu organisasi kader bagi pengusaha muda nasional dalam memperjuangkan aspirasi ekonomi para generasi muda.

"Sehingga melalui organisasi ini, diharapkan mampu menciptakan para pengusaha yang handal dan kreatif dan berdayasaing tinggi. Dengan demikian, nantinya akan secara berkesinambungan dapat mengangkat perekonomian para pengusaha muda khususnya, dan ekonomi masyarakat secara umum," tuturnya.

Iskandar pun mengapresiasi sambutan hangat Bupati Kampar, dengan mengajak seluruh pengusaha, khususnya dari kalangan muda, ikut berperan menjadi penggerak roda usaha dan investasi di Kabupaten Siak.

Pada acara pelantikan tersebut, hadir Muspida dan Ketua DPRD Siak serta para anggotanya, Ketua BPD HIPMI Riau Rinorkuswan, Sekda Siak, Amzar dan para pejabat dari dinas maupun instansi di lingkungan Pemkab Siak.

Selain itu, seluruh pengurus Hipmi Siak, Ketua dan jajaran pengurus Kadin Siak serta sejumlah pengusaha di kaupaten tersebut.