Dana BOS Pekanbaru dipercepat pencairannya

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diperuntukan sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMTP) di Kota Pekanbaru, Riau, kabarnya dipercepat pencairannya menimbang kebutuhan kian mendesak.

"Mudah-mudahan, untuk dana BOS triwulan pertama 2012 sudah akan dapat cair pada 16 Januari 2012 atau jauh lebih cepat dari biasanya," kata Manajer Pengelola Dana BOS pada Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru, Addauri di Pekanbaru, Jumat.

Addauri yang dikunjungi ANTARA di ruang kerjanya mengatakan, percepatan turunnya dana BOS tersebut merupakan kebijakan dari pemerintah pusat atau tepatnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Mudah-mudahan saja, jadual pencairannya tidak tertunda sehingga penyampaiannya ke sekolah-sekolah juga dapat lebih optimal," tuturnya.
Menurut dia, dana BOS 2012 berpotensi mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Untuk SD, demikian Addauri, dari Rp400 ribu per murid untuk satu tahunnya, dikabarkan naik menjadi Rp580 ribu.

"Sementara untuk setingkat SMTP dari Rp575 ribu menjadi Rp710 ribu, kenaikan cukup signifikan dan diharapkan dapat lebih membantu," ujarnya.

Ditanya mengenai sistem cermatan alokasi dana BOS tersebut, Addauri mengaku telah merangkainya dengan baik dan dijamin tidak akan ada kecurangan serta keterlambatan dalam penyalurannya.

"Semuanya kami jamin akan berjalan lancar dan aman," demikian Addauri.