Waspada Penipuan Berkedok Undian Telkomsel

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Perusahaan telekomunikasi PT Telkomsel mengimbau kepada pelanggannya agar berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan undian Telkomsel.

"Kami tidak pernah kenakan biaya apapun dalam program undian, dan itu ikhlas 100 persen untuk pelanggan," kata GM Telkomsel Regional Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng), Judhi H. Hartono, di Pekanbaru, Jumat (2/12).

Judhi mengutarakan hal itu pada sosialisasi program undian "Jutawan TalkMania" bagi pengguna kartu Telkomsel di Sumatera. Seperti diketahui, masyarakat dibuat resah karena makin menjamurnya kejahatan penipuan yang menggunakan modus SMS premium maupun undian mengatasnamakan perusahaan telekomunikasi tertentu.

"Selain itu, perlu diketahui bahwa kami tidak pernah mengirimkan SMS kepada pemenang undian selain menggunakan nomor 111," kata Judhi.

Manager Telkomsel Branch Pekanbaru, Achmad Febyanto, menambahkan pemenang undian juga bisa melakukan verifikasi pemenang undian dengan mengetik WIN melalui SMS dan kirim ke 777. Selain itu, perusahaan biasanya juga langsung mempublikasikan para pemenang undian ke website resmi www.telkomsel.com.

"Untuk lebih memastikannya, pelanggan dapat mendatangi kontor layanan GraPARI Telkomsel," ujar Achmad.

Ia menjelaskan, Telkomsel menyediakan total hadiah uang tunai Rp500 juta dalam program undian "Jutawan TalkMania" yang berlaku dari 1 Desember 2011 hingga 29 Februari 2012. Caranya cukup mengaktifkan paket TalkMania siang atau malam dengan tekan *999*88#lalu OK, atau dengan SMS ketik TM(spasi)ON kirim ke 8999. Pulsa minimum yang harus dimiliki pelanggan sebesar Rp5.000.

Paket itu memudahkan pengguna layanan Telkomsel berkomunikasi dengan murah dengan sesama pengguna kartuHalo, simPATI dan kartu AS. TalkMania siang bisa digunakan untuk menelpon mulai pukul 01.00 hingga 18.00 WIB. Sedangkan, TalkMania malam berlaku mulai pukul 17.00 hingga 23.59 WIB.

"Pengguna yang mengaktifkan TalkMania langsung teregistrasi dan berpeluang mendapatkan hadiah jutaan Rupiah, dan ini khusus untuk pengguna kartu Telkomsel Sumatera," ujarnya.

Pemenang pertama undian mendapat hadiah Rp150 juta, dua pemenang kedua mendapatkan masing-masing Rp50 juta, dua pemenang ketika masing-masing Rp25 juta dan 20 pemenang keempat masing-masing mendapat hadiah Rp10 juta.

"Pengundian pemenang akan dilakukan pada Maret 2012 dan seluruh pajak hadiah ditanggung oleh Telkomsel," katanya.