Sejarah Perang Dunia di Duri

id sejarah perang, dunia di duri

Sejarah Perang Dunia di Duri

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Daerah ladang minyak bumi di Duri, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau ternyata memiliki sejarah terkait Perang Dunia II yang belum terungkap ke masyarakat.

Berdasarkan penelusuran ANTARA, Jumat (11/11), bukti keberadaan sejarah itu sebenarnya terlihat jelas dengan adanya monumen Korban Perang Dunia II yang terletak di area kerja PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) di Duri.

Monumen itu berada di tengah pemakaman, yang ada di Komplek Sago CPI tak jauh dari landasan helikopter. Tingginya sekitar tiga meter berupa beton dengan ubin hijau dan hitam yang bagian tengahnya berbentuk prisma segi empat. Bagian atas berbentuk persegi panjang dan ada tulisan berwarna emas dengan dua bahasa: "Monumen Korban Perang Dunia-II/Monument of World War-II Victim".

"Sayangnya pemerintah daerah dan Chevron kurang merawatnya, apalagi mengungkap sejarah yang sebenarnya. Sedangkan, warga Duri yang mayoritas pendatang juga tak banyak tahu sejarah itu, apalagi bisa melihat monumennya karena tak bisa sembarangan masuk ke area komplek CPI," kata Koordinator Duri Institute, Agung Marsudi, kepada ANTARA.

Monumen itu, lanjut Agung, kini hanya menjadi saksi bisu sejarah yang terbengkalai. Warnanya terlihat kusam dan huruf-huruf di monumen banyak yang terlepas.

"Seharusnya pemerintah daerah dan perusahaan melakukan peringatan Hari Pahlawan di tempat itu. Bahkan, kalau bisa pemerintah dan Chevron mengungkap sejarah itu dan menjadikannya kurikulum untuk pendidikan karena itu hutang sejarah yang harus dibayar," katanya.