Medan siap menjadi wisata konvensi

Andalas

Medan, (ANTARARIAU News) - Kota Medan semakin siap menjadi daerah tujuan wisata konvensi karena fasilitas khususnya hotel berbintang di daerah itu terus meningkat.

"Beberapa hotel berbintang akan beroperasi lagi di Medan dan itu semakin membuat Pemerintah Kota (Pemko) Medan yakin tetap dipilih menjadi destinasi MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition)," kata Walikota Medan, Rahudman Harahap, di Medan, Minggu.

Destinasi MICE itu dinilai semakin terdukung karena Medan dikenal dengan kulinernya.

Dalam upaya memenangkan persaiangan dengan daerah lain yang juga mengandalkan sebagai destinasi MICE dan sedang  mengembangkan ke arah wisata konvensi, kata dia, Pemko Medan juga terus berbenah.

Kebersihan kota, misalnya terus ditingkatkan.

Pengamat pariwisata, Henry Hutabarat, mengakui sebagai ibukota Provinsi Sumut dan kota terbesar ketiga, Medan memang harus mampu menjadi destinasi MICE.

Dewasa ini, kata dia, sudah banyak kota yang menjadi destinasi unggulan, antara lain Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Balikpapan, Batam-Bintan, Padang-Bukittingg, dan Medan.

"Karena hampir semua kota mengarah menjadi destinasi MICE, harusnya pemangku kepentingan di Medan harus semakin kreatif untuk tidak ditinggalkan menjadi kota konvensi," katanya.

Pemerintah dan  pelaku industri, kata dia, harus bersama sama membuat program yang menarik dimana kegiatan itu sebelumnya harus diagendakan rutin sehingga jauh hari sudah bisa dipromosikan hingga ke luar negeri, katanya.

Menurut Henry, penampilan acara berbau kebudayaan adalah salah satu yang harus dilakukan karena semakin maju masyarakat semakin menghargai dan menyukai kebudayaan.

related post