Permintaan Meningkat, Harga Ayam Naik

Tembilahan, 16/11 (ANTARA) - Permintaan daging ayam potong di pasaran meningkat menjelang lebaran Idul Adha 1431 Hijriah membuat harga ayam mengalami peningkatan signifikan, yakni menjadi Rp35 ribu dari Rp28 ribu per kilogram, Selasa.

        Salah seorang pedagang ayam potong jenis broiler di Pasar Kayu Jati Tembilahan Hulu, Agus Susanto mengakui terjadinya kenaikan harga daging ayam broiler, menurutnya kenaikan ini telah terjadi sejak dua hari lalu.

        "Kenaikan harga ayam potong broiler ini telah terjadi sejak dua hari lalu, namun memang hari ini memang terjadi kenaikan cukup tinggi yakni p 35 ribu per kg, kemarin masih dijual Rp30 ribu per kilogram," sebutnya kepada ANTARA, Selasa.

        Sedangkan sekitar sepekan sebelumnya harga daging ayam potong ini masih dijula dalam kisaran harga Rp27 ribu sampai Rp28 ribu per kg.

        "Kenaikan ini karena memang stok ayam yang kami terima berkurang, karena menjelang lebaran ini, banyak pula kebutuhan ayam yang dikirim ke daerah-daerah. Sehingga kami terpaksa menaikkan harga jual ayam," ujar Tarmizi, pedagang ayam potong  broiler di Pasar Terapung Tembilahan.

        Ia membenarkan, terjadinya lonjakan permintaan ayam potong satu hari menjelang lebaran Idul Adha 1431 H ini. Kalau hari biasanya ia hanya menjual sekitar 100 sampai 150 kg, namun pada hari ini ia bisa menjual sampai 300 kg dan menjelang tengah hari sudah terjual semuanya.

        "Bahkan, karena banyaknya pelanggan di daerah yang meminta dikirimkan daging ayam, maka terpaksa saya membeli dengan sesama pedagang ayam potong yang masih memiliki stok cukup banyak, walaupun membeli dengan harga cukup tinggi darinya," imbuhnya.

        Kenaikan harga ayam potong yang cukup signifikan ini, yang menngalami kenaikan sekitar Rp7 ribu per kilogram ini dalam tempo dua hari ini tentu saja mengagetkan para pembeli di beberapa pasar tradisional di kota Tembilahan.

        "Saya saat membeli ayam potong di pasar cukup kaget, karena kenaikannya cukup tinggi, padahal dua hari lalu saya masih membeli dengan harga Rp27 ribu per kg. Tapi, hari ini harganya sudah menjadi Rp 35 ribu perkilo. Namun saya tetap membelinya, karena untuk kebutuhan hidangan lebaran besok," sebut Ratna, seorang warga Jalan H Arief yang ditemui sedang berbelanja di Pasar Terapung Tembilahan, Selasa.