Pemkab Bengkalis Gelar Lomba Gasing

Bengkalis, 23/7 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Riau, untuk pertama kali menyelenggarakan lomba permainan gasing dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-498 kabupaten itu.

         Lomba itu digelar mulai 20 Juli hingga 24 Juli di Lapangan Pasir Taman Andam Dewi, Bengkalis, dan diikuti 32 tim yang terdiri atas anak-anak, remaja, dan dewasa, kata panitia lomba gasing Hasan saat dihubungi ANTARA dari Kota Dumai, Riau, Jumat.

         "Seluruh tim berasal dari kecamatan di Kabupaten Bengkalis, seperti Bantan, Siak Kecik, Bukit Batu dan Kecamatan Bengkalis sebagai tuan rumah," katanya.

         Ia mengatakan, satu tim terdiri atastujuh orang, dan enam orang di antaranya merupakan pemain inti semetara seorang lainnya merupakan cadangan.

        "Ke-32 tim ini dibagi dalam dua pool. Dari masing-masing pool akan diambil dua tim terbaik untuk diadu guna mencari juara I, II, III dan IV," paparnya.

         Juara I akan meraih uang tunai sebesar Rp5 juta, juara II Rp3,5 juta, juara III Rp2,5 juta dan juara IV Rp2 juta.

        "Tujuan utama menggelar kegiatan ini adalah untuk melestarikan  permainan rakyat ini dan tetap dikenal oleh masyarakat luas," katanya.

         Menurut warga, gasing merupakan sebuah permainan rakyat yang kerap dilakukan anak-anak hingga remaja.

         "Gasing untuk pertama kali dilombakan pada hari jadi Bengkalis. Ke depan kami mengharapkan perlombaan ini terus dilaksanakan sehingga dapat menjadi hiburan tetap masyarakat di sini," kata Purwoto, seorang tokoh masyarakat Bengkalis.